Rahasia Memenangkan Persaingan Bisnis Online




Kiat Memenangkan Persaingan Bisnis Online

Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan bisnis online semakin diminati para pelaku usaha di Indonesia. Bahkan saat ini tidak hanya para pemula saja yang tertarik menekuni bisnis online. Keuntungan yang didapat saat menekuni bisnis online juga membuat pengusaha yang telah sukses menjalankan bisnisnya secara offline kini mulai melirik pemasaran secara online. 

Banyaknya keuntungan yang didapat ketika menjalani bisnis online menjadi salah satu alasan bagi para pelaku usaha untuk beralih dari bisnis konvensional ke bisnis online. Hal ini tentunya tidak hanya memberikan dampak positif bagi perkembangan bisnis di internet, namun juga memicu persaingan pasar yang semakin ketat antar pelaku usaha. 

Tapi jangan khawatir dulu, karena bagaimanapun juga pengakses internet dari waktu ke waktu juga semakin meningkat. Artinya pasar untuk mempromosikan produk kita selalu ada, dan kesempatan kita untuk dapat sukses dibisnis online masih selalu terbuka. Walaupun begitu, sebagai pelaku bisnis online bukan berarti kita bisa tenang. Kita juga harus menyiapkan strategi dan taktik untuk memenangkan persaingan dalam bisnis online yang sedang kita tekuni.

Menurut seorang pakar bisnis online dimana saya belajar padanya, "Ketika kita membahas cara memenangkan persaingan bisnis di internet, sebetulnya kita bicara tentang menjual value". Bagaimana menciptakan kebutuhan atau keinginan baru konsumen, bukan mengarah pada kebutuhan konsumen yang sudah ada. Mengubah kebutuhan dasar tersebut dengan menjual cita-cita dan harapan baru.

Contoh, kalau selama ini kebutuhan dasar kita adalah makan, kemudian marketing mengubahnya menjadi tidak sekadar makan saja. Tapi kita butuh makanan yang enak, lezat, bergaya hidup, bergizi, dan sehat. Maka, gerai-gerai makanan di mall menjadi ramai dikunjungi pembeli.

"Value yang dikomunikasikan dengan tepat akan bisa mengambil hati target market anda. Sehingga membuat konsumen benar-benar percaya dan sadar untuk mencoba produk yang anda pasarkan."
Dari yang saya pelajari, ada beberapa point penting agar pada akhirnya kita dapat memenangkan persaingan :
  1. Seberapa baik anda menekankan cita-cita dan harapan kepada konsumen?

  2. Seberapa baik anda menyampaikannya baik secara langsung maupun tidak langsung dalam situs web/layanan/produk anda?

  3. Seberapa tepat jalur pemasaran yang anda tempuh?

  4. Seberapa baik brand diri dan produk anda?

  5. Seberapa banyak anda tahu tentang pandangan pengunjung mengenai situs web/layanan/produk anda?

  6. Seberapa fokus anda menekankan kelebihan produk dan layanan anda dibanding yang bisa diberikan pesaing?
Bila point-point tersebut bisa anda lakukan dengan baik, maka memenangkan persaingan bisnis internet sangat mungkin bagi anda. Mari berlomba memenangkan persaingan bisnis internet!

Rahasia Memenangkan Persaingan Bisnis Online Rahasia Memenangkan Persaingan Bisnis Online Reviewed by Unknown on Friday, January 04, 2013 Rating: 5
Powered by Blogger.