Kenapa Blog Saya Sepi Pengunjung? Apa Yang Salah?




Tips Cara Blog Ramai Pengunjung

Sebagai seorang blogger maupun pelaku bisnis online, tentu anda sangat senang jika banyak orang datang mengunjungi tulisan anda. Namun apa jadinya jika blog anda sepi pengunjung? Tentu hati terasa sedih. Membuat semangat ngeblog menjadi kendur. Tapi jangan buru-buru putus asa. Mari kita selidiki terlebih dahulu, dimana letak ketikdakberesan yang menjadi penyebab blog sepi pengunjung

1. Jarang Posting
Anda harus punya cukup banyak pilihan artikel untuk disajikan kepada pengunjung blog anda. Kalau pilihan artikelnya terlalu sedikit, pengunjung tentu akan malas datang lagi ke blog anda. Pengunjung pun dapat melihat keseriusan anda dalam mengembangkan blog jika anda konsisten dalam memposting artikel baru. Jangan lupa pula berikan internal link ditiap postingan anda, karena selain baik dari sisi SEO, internal link membuat pengunjung anda mudah menemukan postingan anda yang lain sesuai dengan informasi yang dibutuhkan.

2. Kualitas Postingan Menurun
Sering melakukan posting itu baik. Tapi anda juga harus memperhatikan kualitas postingan agar tidak menurun. Kualitas postingan yang menurun dapat membuat pembaca tidak kembali lagi ke blog anda. Perhatikan pula apa yang anda tulis. Anda boleh menulis artikel dengan judul maupun isi yang kontroversial untuk memancing para pembaca, namun jangan terlalu sering ya... Hehehe. Pembaca yang tidak setuju dengan isi tulisan anda bisa saja kabur meninggalkan blog anda dan bukan tak mungkin akan menyebarluaskan kalau blog anda kurang berkualitas.

3. Topik Blog Tidak Jelas dan Kurang Menarik
Apa topik bahasan blog anda? Kebanyakan blog pribadi memiliki topik bahasan yang begitu beragam. Banyak topik dalam sebuah blog dapat membuat pengunjung menjadi bingung. Hal ini sering kali membuat pengunjung hanya membaca topik pilihannya dan pergi begitu saja. Fokuslah pada beberapa topik saja, selain memudahkan anda fokus mengelolanya, juga membuat pengunjung menjadi lebih nyaman dalam mencari informasi didalam blog anda.

Selain harus jelas, topik blog juga harus menarik. Jika hanya sedikit orang yang berminat mencari informasi yang anda sajikan, maka bisa dipastikan blog anda akan sepi pengunjung. Carilah topik blog yang belum banyak dibahas orang, namun memiliki banyak peminat.

4. Perhatikan Tampilan Blog Anda
Memilih desain template mungkin terdengar sepele, namun dapat menjadi masalah jika ternyata pengunjung tidak nyaman berada di blog anda karena tampilan blog yang kurang menarik. Pilih desain template sesuai dengan topik bahasan blog anda, namun jangan gunakan template yang pasaran ya... Hehehe. Gunakan template yang dapat menjadi ciri khas blog anda. Jangan lupa perhatikan perpaduan warna dan jenis font yang digunakan.

Apakah tujuan anda ngeblog untuk mendapatkan uang melalui iklan? Pilihlah iklan yang yang sesuai dengan topik bahasan blog anda dan jangan berlebihan dalam memasang iklan. Blog yang penuh banyak iklan dapat membuat pengunjung tidak nyaman. Begitu pula jika anda senang mempercantik blog dengan berbagai pernak pernik yang menurut anda indah. Ingat ini masalah selera, apa yang anda lihat menarik belum tentu dilihat menarik oleh pengunjung blog anda.

5. Kurang Sabar
Membuat dan mengembangkan blog ibarat seperti membuka toko. Anda perlu bersabar dan terus konsisten mengembangkannya. Tidak bisa hari ini toko dibuka, besok sudah ramai dipenuhi pengunjung tetap. Begitu pula dalam mengerjakan blog. Tetaplah tekun dan bersabar.

6. Search Engine Belum Mengindeks Artikel Anda
Pada umumnya pengunjung sebuah blog datang dari search engine. Namun bagaimana pengunjung dapat datang ke blog anda melalui search engine jika artikel yang anda tulis belum terindeks search engine. Simak apa saja tips agar posting artikel anda mudah terindeks search engine.

7. Kurang Promosi
Jika semua point diatas sudah dibenahi namun blog anda masih saja sepi, cobalah untuk melakukan promosi. Promosi penting agar para pembaca tahu mengenai keberadaan blog anda. Salah satu cara promosi yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan kunjungan di blog lain (blog walking) dan meninggalkan komentar. Saat berkomentar, isikan alamat blog anda dikolom url. Sehingga para pembaca diblog lain dapat mengunjungi blog anda melalui jejak yang telah anda tinggalkan.

"Kadang kala hal-hal kecil dapat menjadi masalah besar jika kita lalai memberi perhatian padanya".
Mari benahi blog kita agar kunjungan untuk blog kita menjadi meningkat. Dengan begitu semangat ngeblog kita tetap terjaga. Bagaimana dengan anda? Mungkin anda memiliki tips-tips agar blog tidak sepi pengujung? Mari berbagi dengan mengisi komentar dibawah ini...


Kenapa Blog Saya Sepi Pengunjung? Apa Yang Salah? Kenapa Blog Saya Sepi Pengunjung? Apa Yang Salah? Reviewed by Unknown on Saturday, January 05, 2013 Rating: 5
Powered by Blogger.