Menjalankan Bisnis Online Tanpa Web Atau Blog. Bisakah?




Bisnis Online Menggunakan FB Email eBay Forum

Apakah bisa menjalankan bisnis online tanpa menggunakan web atau blog? Pertanyaan semacam ini kerap melintas dipikiran para pelaku bisnis online pemula. Lalu apa jawabannya? Ya, tentu saja BISA! Belum atau tidak memiliki web ataupun blog bukanlah suatu halangan bagi anda untuk tetap dapat menjalankan bisnis online. Lalu bagaimana caranya? Simak poin-poin dibawah ini...

1. Bisnis Online melalui Facebook
Ada banyak teman saya yang bergelut dengan bisnis online, tapi mereka tidak memiliki web ataupun blog. Yang mereka lakukan yaitu berpromosi melalui facebook. Namun walaupun begitu mereka dapat meraih untung yang lumayan dan lebih dari cukup. Berbicara mengenai Facebook, andapun dapat membuat fans page untuk menambah visibilitas bisnis online anda.

2. Bisnis Online melalui Forum
Meskipun anda tidak punya web site maupun blog, anda tetap bisa berjualan dan menggelar lapak di forum-forum yang banyak tersedia di internet. Contohnya di salah satu forum terbesar di Indonesia, yaitu Kaskus, terdapat FJB (Forum Jual Beli) dimana membernya dapat melakukan promosi dan menjual barang dagangannya. Yang terpenting adalah anda posting di forum yang sesuai.

3. Bisnis Online melalui Email
Bagaimana caranya? Dengan email dapat melakukan bisnis online? Ya, salah satu caranya anda dapat mengikuti milis yang ada di internet. Yang dimaksud dengan milis yaitu group diskusi di internet, dimana setiap orang bisa berlangganan dan ikutserta didalamnya. Yang terpenting anda tidak melakukan spam dan scam. Serta promosi yang anda lakukan sesuai dengan topik yang dibahas dalam group tersebut.

4. Bisnis Online melalui Iklan
Tanpa menggunakan web ataupun blog, anda bisa juga menggunakan iklan baris. Yaitu dengan mencantumkan nomer kontak dan alamat anda pada iklan-iklan yang anda sebar di internet. Dengan begitu jika ada orang yang membaca iklan anda dan tertarik dengan penawaran anda, orang tersebut dapat segera menghubungi anda melalui nomer kontak yang anda cantumkan.

5. Bisnis Online melalui eBay
Apa itu eBay? eBay adalah ajang pasar online dunia, yaitu tempat para pembeli dan penjual online berkumpul dan berdagang apa saja. eBay menawarkan kesempatan yang tak terhingga  bagi semua orang untuk  membeli dan menjual di seluruh dunia. Melakukan bisnis online melalui eBay cocok bagi anda yang ingin melakukan bisnis online dengan pasar luar negeri.

Jadi bisa saja jika anda tidak memiliki web ataupun blog, tapi tetap ingin melakukan bisnis online. Kesempatan anda selalu terbuka, yaitu dengan menggunakan aset online orang lain. Misalnya dengan menggunakan web site orang lain, seperti Facebook, eBay, forum-forum seperti Kaskus, dll. Yang terpenting anda tetap harus mematuhi aturan dari pemilik web site tersebut.

Meski demikian, saya tetap menyarankan agar anda suatu saat dapat memiliki web ataupun blog sendiri untuk menunjang bisnis online anda. Lagi pula biaya untuk memiliki web sendiri sangat terjangkau. Masih lebih mahal membuka lapak di mall. Namun jika anda ingin menggunakan layanan gratisan, anda dapat segera membuat blog gratisan untuk bisnis online anda.

Menjalankan Bisnis Online Tanpa Web Atau Blog. Bisakah? Menjalankan Bisnis Online Tanpa Web Atau Blog. Bisakah? Reviewed by Unknown on Tuesday, February 19, 2013 Rating: 5
Powered by Blogger.