Tips Melakukan Link Building Yang Efektif




Membuat Link

Pada postingan sebelumnya saya sempat mengulas tentang link building untuk SEO blog. Telah dijelaskan mengapa link building penting bagi SEO blog anda. Kita juga telah mengetahui bahwa untuk melakukan link building diperlukan link yang berkualitas. Ya, link yang bersumber pada web yang memiliki reputasi yang baik, misalnya web yang memiliki pagerank tinggi. Web tersebut juga harus memiliki topik yang relevan dan berkaitan. Dan tak lupa anchor text pada link tersebut juga harus sesuai dengan topik bahasan sekaligus keyword yang kita bidik.

Nah setelah mengetahui hal tersebut, lalu pertanyaan selanjutnya ialah bagaimana cara melakukan link building yang efektif? Oke, pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan tips bagaimana melakukan link building yang efektif. Simak yaaa...

Internal Linking
1. Buatlah halaman sitemap untuk blog anda. Sitemap merupakan daftar isi yang berisi daftar link yang menuju ke seluruh artikel di dalam web ataupun blog anda. Selain baik untuk SEO internal linking, halaman sitemap juga menguntungkan pengunjung dalam menelusur blog anda. Tentu hal tersebut akan meningkatkan pageview di dalam blog anda.

2. Hubungkan antara postingan yang satu dengan postingan yang lain dengan menggunakan link. Gunakan anchor text yang sesuai dengan keyword dan topik yang sedang dibahas pada postingan tersebut. Hal ini juga akan membantu pembaca dalam memahami bahwa ada suatu hal yang tidak dijelaskan disatu halaman posting, tapi dijelaskan di halaman lain.

External Linking
Berbicara external linking erat kaitannya dengan link yang berlabel dofollow maupun nofollow. Link yang berlabel nofollow dapat dianggap sebagai backlink tapi akan diabaikan oleh google. Link berlabel nofollow akan diabaikan sebagai referensi yang berkualitas oleh google. Yahoo dan beberapa search engine lain tidak memperhatikan hal ini. Google memperhatikan kualiatas serta keterkaitan anchor text dari web ataupun blog yang memberikan backlink kepada web atau blog anda. Oleh karena itu mudah mendapatkan banyak backlink yahoo, sedangkan mendapatkan satu backlink dari google sangatlah sulit.

Langkah-langkah membangun external link :
1. Lakukan blogwalking untuk membangun backlink. Anda dapat berkomentar dan meninggalkan link web ataupun blog anda. Pada kolom website, anda tidak hanya dapat meninggalkan link halaman utama, anda juga dapat meninggalkan link halaman postingan anda. Tapi pada web ataupun blog baru, prioritaskan untuk mengoptimalkan link halaman utama agar dapat memperkuat visibilitas dan popularitasnya. Isikan nama komentator dengan anchor text, yaitu target keyword yang ingin anda optimalkan pada search engine. Prioritaskan pada blog dengan comment dofollow.
2. Submit blog anda ke direktori dan social bookmark, prioritaskan pada direktori dan social bookmark yang dofollow.
3. Link-link dari dalam web ataupun blog anda yang mengarah ke web ataupun blog lain juga termasuk external link. Hindari mengarahkan link anda kepada web yang memiliki reputasi buruk. Hal ini akan mengakibatkan reputasi anda menjadi menurun. Arahkanlah link anda kepada web yang memiliki reputasi yang baik. Dengan begitu search engine juga akan memberikan nilai tambah kepada web atau blog anda.

Optimalkan internal link dan external link dalam web ataupun blog anda guna meningkatkan SEO blog melalui link building!

Tips Melakukan Link Building Yang Efektif Tips Melakukan Link Building Yang Efektif Reviewed by Unknown on Monday, February 25, 2013 Rating: 5
Powered by Blogger.