Cara Sederhana Mengetahui Kondisi Kesehatan Bisnis Keuangan Anda




Kondisi Keuangan
Menjalankan bisnis online, sebernarnya tidak beda jauh dengan menjalankan bisnis secara offline. Sebagai pelaku bisnis, Anda sebenarnya tetap perlu memikirkan dan merencanakan keuangan Anda. Hal ini penting terlebih agar penghasilan yang Anda dapatkan dapat tetap menggerakan roa bisnis yang Anda jalankan saat ini, terlebih dapat digunakan untuk mengembangkannya atau dapat digunakan untuk investasi lain yang dapat mendatangkan keuntungan yang lebih besar lagi bagi Anda. Namun perlu kita sadari bahwa kebiasaan tiap-tiap pelaku internet marketing tentu berbeda-beda. Anda yang senang menabung, ada yang senang berbelanja, ada yang senang berbagi dengan sesama, dll. Semuanya itu tentulah tidak ada yang salah, hanya saja alangkah baiknya jika Anda menggunakan penghasilan yang ada dengan tepat dan bijaksana. Berkaca dari itu semua, kali ini saya ingin berbagi cara sederhana mengetahui kondisi kesehatan keuangan dalam bisnis online Anda.

Dalam artikel ini, saya akan memberikan 5 buah pertanyaan. Silahkan Anda jawab masing-masing pertanyaan dengan memilih jawaban yang paling tepat dengan kondisi Anda saat ini. Masing-masing pilihan jawaban akan memiliki poin tersendiri. Nah jumlah dari poin itu nantinya akan digunakan untuk menentukan kondisi kesehatan keuangan Anda. Sudah siap untuk menjawab masing-masing pertanyaan? Mari silahakan...

1. Bagi karyawan kantor, akhir bulan ialah saatnya gajian. Namun sebagai pelaku bisnis online, Anda dapat menerima uang kapan saja. Apakah yang Anda lakukan sehubungan dengan menabung?
a. Saya sadar seharusnya bisa menabung, tapi sulit sekali untuk dapat melakukannya.
b. Saya suka menabung. Saya juga mencurahkan waktu dan energi secara khusus untuk merencanakan keuangan saya.
c. Saya kesulitan menabung dan jujur saja ini meresahkan.
d. Saya hanya berbelanja kebutuhan yang benar-benar penting kok. Jadi pasti ada sisalah...
e. Menabung adalah panggilan alam saya. Saya menabung secara rutin.

2. Bayangkan jika Anda ingin membeli suatu barang, dan harganya sangat mahal. Apa yang Anda lakukan?
a. Beli saja. Pikirkan tagihannya nanti.
b. Menabung dulu baru membelinya.
c. Beli dulu dengan kartu kredit atau tunai. Walaupun sebenarnya saya tak mampu membelinya.
d. Dikesempatan tertentu saya harus membeli sesuatu yang mahal, tapi tetap prioritaskan pilihan harga. Kendati sebenarnya kurang nyaman bagi saya.
e. Jika benda mahal yang dibeli sangat penting, saya akan berusaha menyesuaikan denan anggaran yang ada. Kalu tidak penting, ya lupakan saja.

3. Sebagai pelaku bisnis online, menurut Anda bagaimana hubungan antara stress dengan belanja?
a. Belanja bukanlah pelepas stress.
b. Merencanakan mencari uang secara online lebih baik dari pada belanja.
c. Belanja membuat saya sedikit terhibur.
d. Belanja justru membuat suasana hati makin kacau. TIdak ada hubungannya antara belanja dengan pelepas stress.
e. Belanja adalah hal terakhir yang akan saya lakukan saat stress. Tapi menyisihkan uang atau menaruh dana untuk investasi di dunia internet marketing justru menyemangati saya.

4. Kartu kredit seringkali dibutuhkan dan digunakan sebagai alat pemabayaran oleh banyak internet marketer dan pelaku bisnis online. Oleh karena itu saya yakin sebagian besar dari Anda memiliki kartu kredit. Nah, bagaimana kebiasaan Anda dalam menggunakan kertu kredit ini dalam hal belanja?
a. Saya kerap lupa membayar tagihan. Saya mendapatkan banyak peringatan karena terlambat membayar.
b. Saya selalu kesulitan membayar lunas tagihan kartu kredit. Padahal saya selalu ingin membayarnya tepat waktu jika ada uang.
c. Saya sering menggunakan kartu kredit. Tapi selalu membayarnya dengan minimum payment.
d. Lebih baik saya tidak punya kertu kredit sama sekali. Jikalaupun ada, akan sangat jarang saya gunakan.
e. Saya menghindari belanja dengan kartu kredit. Lebih baik membayarnya tunai atau debit.

5. Jika Anda memenangkan undian online berhadiah uang tunai milyaran rupiah, apa yang Anda lakukan?
a. Girang. Tapi saya tidak tahu harus berbuat apa dengan hadiah tersebut.
b. Sangat bahagia. Saya akan pikirkan bagaimana menggunakan uang tersebut khususnya untuk mengembangkan bisnis online saya sembari menikmatinya.
c. Sangat bersemangat. Terbayang, mulai saat ini saya dapat membeli apapun yang saya impikan.
d. Agak sedih jika teringat orang-orang yang kurang beruntung. Jadi, saya akan menggunakan uang tersebut untuk membantu mereka.
e. Syok, girang, dan lega karena mulai sekarang masa depan saya sudah aman.

Apakah semua pertanyaan sudah dijawab? Kini saatnya Anda menghitung poin Anda.

1. A = 0 B = 1 C = 2 D = 3 E = 4
2. A = 0 B = 1 C = 2 D = 3 E = 4
3. A = 2 B = 4 C = 0 D = 3 E = 1
4. A = 0 B = 1 C = 2 D = 3 E = 4
5. A = 1 B = 4 C = 0 D = 3 E = 2

Hitung Keuangan Bisnis Online Anda

Berapakah total nilai poin yang Anda dapatkan? Yuk tuliskan jumlah poin yang Anda dapatkan pada kotak komentar. Untuk mengetahui makna dibalik nilai total poin yang Anda dapatkan dan untuk mengetahui bagaimana kondisi keuangan Anda sebagai internet marketer, saya akan membahasnya secara tuntas pada postingan artikel saya yang berikutnya. Mari ramai-ramai menjawab 5 pertanyaan di atas...

Cara Sederhana Mengetahui Kondisi Kesehatan Bisnis Keuangan Anda Cara Sederhana Mengetahui Kondisi Kesehatan Bisnis Keuangan Anda Reviewed by Unknown on Saturday, November 08, 2014 Rating: 5
Powered by Blogger.