Cara Efektif Dalam Promosi Bisnis Online Di Internet




Bagaimana Cara Melakukan Promosi Yang Efektif
Cara promosi bisnis internet yang efektif - Di dalam menjalankan bisnis online, promosi penting dilakukan baik oleh pebisnis online pemula maupun mereka yang sudah lama menjalankan usaha bisnis internet. Dengan melakukan promosi, bisnis yang Anda jalankan akan cepat dikenal oleh banyak orang sehingga peluang terjadinya transaksi akan menjadi semakin besar dan bisnis Anda dapat bertumbuh dengan pesat. Itulah salah satu alasan kenapa Anda wajib melakukan promosi.

Nah saat ini banyak sekali pelaku internet marketing yang sudah menyadari hal tersebut. Namun kebanyakan dari mereka masih belum mengerti dari mana atau bagaimana cara melakukan promosi yang efektif dan efisien, sehingga seringkali banyak pebisnis internet yang asal-asalan dalam berpromosi. Bagi sebagian orang, promosi tersebut mungkin masih memberikan keuntungan, tapi bagi sebagian yang lain, model promosi yang tanpa pertimbangan seringkali tak jarang malah mendatangkan kerugian. Baik rugi waktu, tenaga, pikiran, maupun rugi biaya atau budget.

Yang dimaksud promosi asal-asalan disini ialah promosi yang tidak sesuai dengan kebutuhan, tidak tepat sasaran, sehingga hasil yang didapatkan tidak maksimal atau pada beberapa kasus justru mendatangkan kerugian bagi internet marketer itu sendiri. Sebaiknya promosi dilakukan dengan cara yang tepat. Nah bagaimana cara melakukan promosi bisnis online yang efektif? Yuk simak baik-baik cara efektif melakukan promosi bisnis internet berikut ini.


Bergabunglah dengan komunitas pada media sosial. Pilihlah komunitas yang sesuai dengan produk yang Anda jual. Carilah komunitas yang memiliki anggota sesuai dengan target pasar Anda. Misalnya jika Anda memiliki bisnis jual kosmetik, Anda dapat memilih komunitas yang banyak beranggotakan wanita. Sebaiknya Anda menghindari komunitas  bisnis online karena biasanya anggotanya juga orang-orang seperti Anda, yaitu mereka yang memiliki usaha dan sedang mencari wadah untuk berpromosi. Bergabung dengan komunitas pebisnis online baik ketika Anda ingin mempromosikan bisnis Anda guna mencari reseller online.

Setelah Anda bergabung di komunitas, berusahalah untuk aktif di komunitas tersebut. Misalkan saja Anda memiliki bisnis menjual kosmetik dan Anda telah bergabung dengan komunitas ibu muda. Nah Anda dapat aktif memberikan komentar, tanggapan, maupun jawaban atas pertanyaan atau permasalahan yang dihadapi para ibu muda seputar dengan kosmetik atau perawatan wajah mereka. Berikan ide-ide original yang Anda miliki dan kemaslah dengan bahasa yang ringan. Dengan begitu Anda tidak terlalu mencolok saat melakukan promosi.

Untuk mengenalkan nama bisnis Anda di dunia internet, Anda juga dapat menggunakan jasa pemasangan iklan. Anda dapat memasang iklan baris, atau iklan pada blog-blog tertentu baik di banner, sidebar, postingan sesuai dengan kebijakan yang diberikan oleh pemilik blog. Yang perlu Anda perhatikan ialah Anda harus jeli dalam memilih blog yang akan Anda pakai untuk memasang iklan promosi. Pastikan blog atau website tersebut memiliki kunjungan traffic yang tinggi dengan target visitor sesuai dengan produk yang akan Anda jual.

Untuk memajukan usaha bisnis online yang Anda jalankan, tidak selalu Anda harus menempuh jalur online juga. Anda juga sebaiknya memanfaatkan teman-teman Anda dikehidupan nyata sebagai media untuk promosi. Ajak mereka untuk mengunjungi website ataupun blog yang Anda miliki. Siapa tau dengan melihat katalog yang ada pada website Anda, mereka jadi tertarik untuk membeli atau mungkin dapat merekomendasikan kepada kerabat yang lain yang sedang membutuhkan produk yang Anda jual. Ini adalah salah satu trik marketing yang ampuh.

Masih berhubungan dengan teman-teman Anda didunia nyata, Anda juga dapat memanfaatkan kemajuan teknologi chat, seperti BBM, Line, WhatsUp, BeeChat, dll untuk mempromosikan blog Anda. Anda juga dapat membuat group sendiri melalui media chat tersebut, dengan Anda sebagai adminya. Bahaslah topik-topik yang ringan seputar dengan masalah yang dapat diselesaikan dengan produk yang Anda miliki. Sebaiknya jangan mempromosikan bisnis ataupun produk Anda secara terang-terangan karena dapat memunculkan pandangan negatif teman-teman Anda tentang Anda yang tiba-tiba membuat group tersebut.

Agar bisnis Anda dapat cepat berkembang dan banyak produk yang laku terjual, maka berkorbanlah sedikit. Misalnya Anda dapat memberlakukan program member get member diantara teman-teman dan sahabat Anda. Berikanlah sedikit fee ataupun komisi untuk mereka yang berhasil mengajak calon pembeli dan berhasil melakukan transaksi. Dengan begitu semakin banyak orang mengenal produk Anda sekaligus semakin banyak pula transaksi yang terjadi.

Nah inilah cara efektif dalam melakukan promosi bisnis online Anda melalui internet. Sebaiknya Anda jangan hanya menggunakan media internet saja untuk meningkatkan penghasilan bisnis online yang Anda jalankan. Lakukan juga promosi secara offline. Baca Belajar Cara Promosi Offline Bisnis Internet Yang Tepat Sasaran. Semoga ulasan ini membantu mengembangkan bisnis Anda. Selamat berpromosi! Salam sukses!

Cara Efektif Dalam Promosi Bisnis Online Di Internet Cara Efektif Dalam Promosi Bisnis Online Di Internet Reviewed by Unknown on Monday, December 01, 2014 Rating: 5
Powered by Blogger.