Belajar Cara Menjadi Marketing Online Yang Handal




Belajar Cara Menjadi Marketing Online Sukses
Cara Menjadi Marketing Yang Handal - Apakah Anda baru mengenal dunia bisnis online dan internet marketing? Atau sudah lama berkecimpung di dunia maya ini namun belum mendapatkan penghasilan yang maksimal? Jika iya, saya katakan Anda perlu belajar tentang cara menjadi marketing online yang handal. Mendengar kata marketing, mungkin yang biasa terlintas dibenak kita adalah seorang salesman berwajah ganteng atau saleswoman dengan paras cantik, pandai berbicara, wangi, dan tampil segar. Biasanya mereka datang bersama produk yang mereka tawarkan dari berbagai perusahaan. Sudah bukan rahasia lagi bahwa seorang marketing ialah ujung tombak dalam sebuah perusahaan, yang berarti kemajuan atau kemunduran suatu perusahaan sangat terpengaruh dari kinerja para tenaga marketingnya.

Menurut pengamatan saya, banyak orang mencari tips menjadi marketing handal. Banyak juga yang menanyakan cara menjadi seorang marketing yang sukses. Tak jarang ada juga yang berguman, apa rahasia para marketer online maupun offline sehingga dapat menghasilkan banyak uang dengan mudah. Pikiran-pikiran seperti itu wajar saja bermunculan mengingat tugas sebagai marketing itu "menantang". Saya lebih suka menggunakan kata "menantang" dibandingkan dengan kata "sulit". Profesi marketing yang menawar-nawarkan produk sangat rentan sekali terhadap penolakan. Nah, saya yakin orang yang kurang kuat mentalnya tidak akan bisa bertahan lama menjalani profesi tersebut. Kondisi ini tidak jauh berbeda dengan para internet marketer yang bekerja menggarap pasar online.

Kondisi yang ada sekarang ini semakin banyak bermunculan para pendatang baru di dunia online. Semua berlomba-lomba untuk dapat memenangkan pasar. Banyak blog baru dibuat, banyak toko online didirikan, banyak pula nama domain baru bermunculan. Namun hanya internet marketer yang tahan bantinglah yang akhirnya dapat terus bertahan. Jurus-jurus dikerahkan seperti SEO, email marketing, dan promosi melalui media sosial. Namun hampir semua pebisnis online dan para marketing online juga melakukan hal ini. Untuk dapat menjadi marketing online yang handal, Anda tentu harus memiliki faktor-faktor pembeda. Faktor-X inilah yang nantinya akan membuat Anda berada satu atau beberapa langkah di depan para kompetitor Anda.

Nah, sekarang Anda ada diposisi yang mana? Marketing di dunia nyata atau internet marketer?  Karena keduanya serupa dan kebetulan kita berjumpa didunia maya, maka sekarang saya akan mengulas tentang belajar cara menjadi marketing online yang handal.

Belajar Cara Menjadi Marketing Online Yang Handal


Target Pasar Jelas. Cara menjadi marketing online yang handal di poin pertama ialah Anda wajib menentukan target pasar. Sesuaikan target pasar Anda dengan produk yang hendak Anda tawarkan. Misalnya, jika Anda menjual produk perlengkapan bayi, seperti popok, handuk bayi, selimut bayi, bantal guling bayi, dll, maka sebaiknya sebagai seorang marketing Anda menyasar pasar wanita khususnya ibu-ibu muda. Dengan target yang jelas Anda akan menghemat waktu dalam meraup penjualan demi penjualan. Target pasar juga akan membuat promosi yang Anda lakukan dapat berjalan lebih efektif. Contoh promosi yang dapat Anda lakukan ialah melalui Facebook-Ads dengan menyasar pasar pasangan suami istri baru, ibu hamil, maupun para ibu rumah tangga.

Bangun Kesan Pertama. Sama dengan marketing online, kesan pertama sangatlah berarti bagi konsumen Anda untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya atau tidak. Jika pada marketing online, kesan pertama dapat dibangun dengan penampilan yang prima dan meyakinkan, begitu juga Anda sebagai pebisnis online. Anda dapat memberikan kesan pertama yang baik dan meyakinkan misalnya dengan tampilan blog atau website yang profesional, misalnya warnanya simpel, tidak norak, memiliki navigasi yang baik dan isi kontennya sangat informatif. Pastikan juga CS (Customer Service) Anda juga stand by untuk selalu siap melayani sapaan atau pertanyaan pengunjung dengan ramah dan tentunya memiliki product knowledge yang baik. Itulah cara sukses menjadi marketing online handal yang kedua.

Perluas Relasi. Banyak para marketer dunia yang sudah sukses, baik dari dalam negeri maupun luar negeri percaya bahwa banyak teman maka banyak rejeki. Hal ini memang sudah terbukti. Hal ini juga berlaku bagi Anda sebagai internet marketer. Ketika Anda menceritakan bisnis dan produk Anda kepada teman-teman, tentunya informasi itu akan dengan cepat menyebar. Jika teman Anda tidak tertarik, mungkin saja teman dari teman Anda tertarik dan akhirnya melakukan deal dengan Anda. Menarik sekali bukan? Salah satu cara untuk memperluas jaringan Anda sebagai marketing online yang handal ialah dengan melebarkan sayap melalui jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Google Plus, ataupun dapat juga aktif di forum-forum bisnis maupun seputar produk yang Anda jual.

Menguasai Product Knowledge. Cara menjadi marketing online yang sukses selanjutnya ialah Anda wajib menguasi pengetahuan tentang produk Anda (product knowledge). Contoh pengetahuan minimal yang harus Anda ketahui misalnya kekurangan, kelebihan, harga, kualitas, varian dari produk, cara penggunaan, proses pengiriman, dll. Karena kita sedang berbicara tentang bisnis online, maka ada baiknya Anda memberikan ulasan lengkap tentang produk Anda tersebut. Misalnya dibuat review. Hal ini juga penting terlebih ketika Anda customer yang menanyakan tentang detil produk Anda. Jika Anda benar-benar menguasi tentang bisnis dan produk Anda, pelanggan tentu akan merasa lebih yakin dan mentap untuk berbisnis dan melakukan transaksi dengan Anda.

Selalu Tekun & Konsisten. Saya cukup banyak membaca tentang kisah-kisah sukses para pebisnis dan marketing di dunia online. Diantara mereka pernah ada yang berkata ketekunan mengalahkan kepandaian. Hal ini mungkin menjadi benar, karena buah dari ketekunan sedikit demi sedikit pasti akan terlihat, terlebih jika selalu dilakukan evaluasi setiap periode. Apalagi jika Anda menggabungkan antara ketekunan dan kepandaian, hasilnya pasti luar biasa. Saya katakan bahwa tekun & konsisten adalah hal yang sangat menantang. Apakah Anda dapat terus bertahan ketika kondisi sedang pasar sepi, tidak ada transaksi, sedangkan biaya tagihan terus ada, dilain sisi banyak yang meragukan Anda sebagai marketing online, hal-hal seperti itu akan menguji ketekunan dan konsistensi Anda sebagai pebisnis online.

Tidak Mudah Puas. Jadilah pribadi yang dinamis. Teruslah untuk membuat target-target baru yang lebih menantang dalam menjalani profesi Anda sebagai marketer. Itulah kunci menjadi marketing online sukses yang selanjutnya. Jika Anda cepat merasa puas, maka laju pertumbuhan Anda akan terhambat karena Anda terlalu lama menikmati pencapaian yang pernah Anda raih. Oleh karena itu jangan jadi pribadi yang cepat puas akan pencapaian yang sudah berhasil Anda raih. Teruslah berjuang untuk meningkatkan hasil maupun kemampuan Anda ke level-level selanjutnya yang belum pernah Anda pikirkan sebelumnya. Jangan terjebak pada zona nyaman atau biasa disebut dengan istilah comfort zone.

Gunakan Testimoni. Salah satu kunci sukses seorang marketing ialah memperhatikan hal-hal kecil yang diucapkan baik oleh client maupun customer Anda. Baik itu tentang keluhan maupun tentang testimoni atas produk yang sudah mereka beli. Kumpulkan testimoni-testimoni atas kepuasan pelanggan Anda yang selanjutnya dapat Anda tunjukan kepada calon pelanggan Anda. Dengan melihat testimoni tersebut, makan calon customer Anda dapat merasa lebih yakin baik untuk menggunakan jasa Anda ataupun untuk memakai produk yang Anda tawarkan. Ketika Anda berbisnis online, testimoni juga sangat penting. Tapi ingat, jangan pernah untuk coba-coba merekayasa testimoni orang lain. Jika ketahuan, kredibilitas Anda akan hancur saat itu juga.

Berpandangan Realistis. Pahamilah bahwa seorang marketer selalu akan berdampingan dengan penolakan. Jadi jangan cepat putus asa ketika setiap tawaran yang Anda berikan selalu berujung pada penolakan. Sedih boleh, namun Anda harus memiliki mental yang kuat dan cepat bangkit. Lihat baik-baik profesi Anda secara realistis. Marketer online juga seperti itu, profesi ini menuntut Anda memiliki mental baja dan juga energi ekstra untuk terus bertahan serta bekerja keras apapun situasinya. Jadi tetaplah realistis dalam menjalani hari-hari Anda sebagai marketer online.

Ikhlas Sedekah. Ini mungkin yang sering kali lupa saya lakukan. Ketika sudah berhasil mencapai goal, seharusnya kita tidak larut dalam euforia keberhasilan kita, yaitu dengan belanja, berpesta, ataupun membuang-buang uang. Lihatlah disekitar kita, khususnya kalangan-kalangan yang tidak mampu. Saya memiliki keyakinan dimana ketika kita banyak memberi kepada sesama yang berkekurangan, berkat-berkat kita akan semakin ditambahkan. Oleh karena itu jadilah para marketer yang memiliki jiwa sosial tinggi dan selalu memegang amanat untuk menjadi saluran berkat bagi sesama.

Demikianlah ulasan tips belajar cara menjadi seorang marketing online yang handal. Semoga artikel ini membantu. Jika ada tutur kata yang kurang berkenan saya mohon maaf sebesar-besarnya. Simak juga tulisan mengenai cara menjadi pebisnis online yang sukses untuk memantapkan langkah Anda sebagai marketer online yang sukses. Terimakasih.

Belajar Cara Menjadi Marketing Online Yang Handal Belajar Cara Menjadi Marketing Online Yang Handal Reviewed by Unknown on Saturday, January 24, 2015 Rating: 5
Powered by Blogger.