Bagaimana Cara Membuat Konten Yang Disukai Pembaca Dan Mesin Pencari




Cara Membuat Konten Menarik
Bagaimana caranya agar blog maupun postingan kita disukai pengunjung? Bagaimana cara membuat artikel yang menarik bagi para pembaca? Bagaimana cara membuat tulisan yang menarik, namun juga memiliki rangkin atau peringkat yang baik di halaman mesin pencari seperti Google? Yaaa minimal postingan yang kita buat bisa masuk halaman satu Google lah, atau sukur-sukur bisa dapat peringkat satu Google search engine? Pertanyaan-pertanyaan seperti itu pasti seringkali terlintas dikepala kita, para blogger maupun pelaku bisnis online. Seringkali blogger ingin juga tulisannya banyak dibaca, disukai, dan diminati oleh banyak orang. Begitu juga dengan para pengusaha online yang ingin postingan mereka bisa berada di nomor satu Google, atau minimal ya halaman satu Google untuk mendongkrak traffic kunjungan, sehingga harapannya pendapatan mereka dari bisnis online juga dapat meningkat. Hal ini tentu merupakan suatu tantangan, dimana kita harus bisa menyajikan sebuah tulisan yang enak dibaca, tetapi juga baik dimata robot mesin pencari.

Salah satu cara membuat artikel atau postingan kita berada di posisi satu Google, tentunya kita sudah mengetahuinya, yaitu dengan melakukan SEO baik pada blog maupun artikel itu sendiri. SEO memang baik bagi suatu artikel terlihat baik dimata search engine, amun tidak selamanya SEO itu baik bagi perkembangan blog lho. Ya, karena kita seringkali malah akan membuat pengunjung bosan. Lho kok bosan? Iya, cobalah ingat bagaimana Anda memaksakan untuk memasang tag H2 atau H3 dalam artikel yang Anda buat. Bagaimana Anda mengatur-atur letak kata kunci dan menambah pengulangan kata kunci agar mencapai density keyword yang katanya "ideal". Kadangkala hasil dari aritkel tersebut malah akan lucu atau "wagu" ketika dibaca ulang dan tentunya efek sampingnya ialah tulisan tersebut jadi tidak disukai pembaca. Lha kalau sudah begitu, berarti tujuan Anda untuk membuat suatu tulisan yang menarik bagi pembaca dan disukai oleh search engine tentunya sudah gagal. Dan efek jangka panjangnya banyak pembaca yang akan kabur setelah mengunjungi blog Anda.

Oke, kembali ke permasalahan awal ya, yaitu bagaimana cara membuat konten artikel blog yang disukai oleh pembaca dan Google.

CARA MEMBUAT KONTEN YANG DISUKAI PEMBACA DAN MESIN PENCARI


Yang perlu Anda pegang ialah, tulislah artikel untuk para pembaca yaitu manusia, lalu lakukan sedikit optimisasi agar tulisan Anda dapat disukai pula oleh mesin pencari. Tetapi menurut saya, yang terpenting ialah menulislah untuk para pembaca dan pengunjung blog Anda. Para pengunjung blog Anda tentu akan malas jika harus membaca artikel yang dikhusus dibuat untuk tujuan SEO. Saya yakin Anda sendiri juga tentu akan malas, membaca konten yang isinya tidak alami, dibuat-buat, penuh perulangan kata kunci, yang akhirnya malah jadi minim informasi. Jika mau ditelurus lebih dalam lagi, search engine juga sebenarnya lebih menyukai artikel-artikel yang dibuat secara alami. Lihatlah, bahwa sampai sekarang ini masih banyak tulisan-tulisan dari blog diary yang artikelnya bisa berada di posisi satu Google dan bertahan dalam waktu yang lama. Tulisan-tulisan tersebut justru umumnya merupakan curahan hati dan uneg-uneg dari si penulis yang bukan ditujukan untuk SEO. Bagaimana menurut pendapat Anda?

Selanjutnya, bagaimana tentang kepadatan kata kunci? Katanya density keyword atau kepadatan kata kunci memegang peranan penting agar artikel yang kita buat berada pada nomor satu Google. Jika tujuan Anda membuat blog atau artikel ialah untuk bisnis online, saya yakin bahwa tentu dalam artikel atau postingan yang dibuat Anda harus mencantumkan kata kunci. Namun, seberapa banyak kata kunci itu diulang menurut saya tidak ada patokan bakunya. Lebih baik Anda menulis artikel secara mengalir saja. Fokus pada apa yang Anda kupas atau ceritakan, tuliskanlah kata kunci secara mengalir saja. Yang penting isi artikel yang Anda buat berkualitas. Salah satu yang dimaksud artikel berkualitas ialah mengupas suatu masalah dari penyebab hingga ke solusinya. Jika memungkinkan, jangan hanya memberikan satu solusi. Berikan juga solusi-solusi alternatif karena tentunya tidak semua kondisi masalah sama persis dihadapi oleh masing-masing orang. Dengan begitu tentu banyak pengunjung yang percaya pada kemampuan Anda dalam menguasai topik yang dibahas. Pada akhirnya, artikel yang Anda buat menjadi panjang dan lengkap sehingga disukai search engine. Setujukah Anda?

Masih tentang density keyword, jika berbicara tentang perulangan kata kunci, menurut beberapa kasus pengalaman saya dan teman-teman saya, ketika kita memaksakan untuk mengulang kata kunci yang sama beberapa kali, padahal itu long tail keyword, yang ada ialah rangkaian kata-kata tersebut terkesan dipaksakan. Itu jika kita berpatokan bahwa density keyword wajib ada dalam artikel kita. Menurut saya, artikel yang seperti itu malah justru membosankan. Apalagi jika pengulangan kata atau kalimat juga disertai dengan cetak miring atau cetak tebal dan pada beberapa kasus malah menggunakan warna yang mencolok, tentu hal ini malah mengganggu dan membuat pembaca menjadi risih dan bosan dengan pengulangan kata yang itu-itu saja. Hal ini tentu berbeda jika Anda menuliskanya secara mengalir. Biarkan pikiran Anda berpikir bebas dan jari-jemari Anda menari-nari diatas keyboard. Pasti akan muncul banyak variasi kata, seperti sinonim atau padankata yang beraneka macam. Hal ini malah biasanya justru akan membuat pengunjung dan pembaca menjadi merasa nyaman dan menikmati arikel yang disajikan. Bagaimana dengan search engine? Dengan banyaknya variasi kata yang Anda gunakan, saya yakin pengunjung yang datang ke blog Anda akan lebih banyak karena banyak diantara mereka yang datang ke blog Anda dengan kata kunci yang tidak pernah Anda duga sebelumnya. Tidak percaya? Saya sudah membuktikannya sendiri.

Nah, jika diatas saya sudah sebutkan supaya semuanya mengalir secara alami dan dikupas secara tuntas, kini ada sebuah tips yang akan membuat pengunjung Anda merasa lebih nyaman dan membuat blog Anda menjadi lebih disukai. Berikanlah sedikit waktu Anda untuk menyapa dan menjawab komentar maupun pertanyaan yang diberikan oleh para pengunjung blog Anda. Jika mampu, berikanlah jawaban yang memuaskan hingga tuntas. Namun jika Anda tidak terlalu mengerti tentang yang pengunjung tanyakan, ya minimal Anda muncul untuk menanggapi komentar yang mengenai artikel atau postingan yang telah Anda tulis itu. Dengan begitu, para pengunjung tidak merasa sendirian. Jika blog Anda diibaratkan sebuah toko, para pengujung jadi merasa bahwa toko Anda itu hangat, ada penjual dan pelayan yang ramah-ramah, yang selalu siap melayani mereka. Begitu juga dengan blog Anda. Dengan banyaknya komentar yang masuk, tentu bounce rate menjadi kecil karena rata-rata pengunjung betah berlama-lama diblog Anda. Nah ini juga menjadi poin plus bagi mesin pencari lho.

Itulah tadi ulasan tentang bagaimana cara membuat konten yang disukai pembaca dan juga mesin pencari. Jika dilihat lagi, kesimpulan untuk membuat suatu konten baik itu blog maupun postingan artikel yang menarik ialah jadilah diri Anda sendiri. Kupaslah suatu bahasan hingga tuntas dan sejelas mungkin. Biarkan kata-kata yang Anda tulis mengalir dari pikiran Anda. Dan layanilah para pengunjung blog Anda dengan ramah. Intinya berikanlah yang terbaik bagi pengunjung manusia Anda dengan tulus dan ikhlas, maka mesin pencaripun akan menyukainya juga. Ulasan tersebut murni menurut pengalaman saya sendiri, bagaimana menurut Anda? Anda tentu boleh memiliki pendapat yang berbeda-beda, yuk sharingkan pendapat Anda melalui kolom komentar. Salam sukses!

Bagaimana Cara Membuat Konten Yang Disukai Pembaca Dan Mesin Pencari Bagaimana Cara Membuat Konten Yang Disukai Pembaca Dan Mesin Pencari Reviewed by Megah Indra on Friday, January 23, 2015 Rating: 5
Powered by Blogger.