5 Tips Sukses Memulai Bisnis Online Bagi Pemula. Terbukti!




Tips Memulai Bisnis Online Untuk Pemula
Bagaimana cara memulai bisnis online untuk pemula? Akhir-akhir ini tren berwirausaha semakin ramai terdengar. Media-media baik televisi maupun majalah-majalah banyak memberikan informasi ajakan untuk meninggalkan status kerayawan kantoran menjadi pengusaha mandiri. Sebenarnya hal ini sah-sah saja dan kembali ke diri kita masing-masing. Jika Anda tertarik untuk menggeluti dunia usaha, ada banyak pilihan yang dapat Anda coba tekuni. Salah satunya ialah bisnis online atau internet marketing. Bidang ini memang akhir-akhir ini menjadi sorotan karena kelihatannya mudah untuk menghasilkan uang, walupun pada kenyataannya tidak selalu seperti itu.

Menjadi seorang pengusaha, dalam hal ini pebisnis online yang sukses memang menyenangkan. Apapun yang Anda tekuni, kalau Anda sukses ya cenderung menyenangkan dong... Dapet banyak uang, terkenal, dan populer, siapa yang tidak mau? Derajat ekonomi juga ikut meningkat. Hmm... menggiurkan. Apalagi jika dibandingkan dengan pekerja kantoran yang ... berangkat pagi sekali dan pulang larut malam. Belum dijalan kena macet. Kerjaan salah sedikit? Sudah kena omelan bos. Melihat hal tersebut, menjadi pebisnis online yang sukses tentu sangat enak dan nyaman. Yah, sekali lagi, walaupun tidak semua orang dapat sukses dijalur ini... Tidak juga semua pekerja kantoran merasakan hal tersebut. Adapula pekerja kantor yang sukses bahkan sangat sukses.

Namun bagi saya, tidak ada salahnya dengan mencoba. Mumpung Anda masih muda, namun yang tua juga tidak masalah. Sah saja untuk mencoba. Mumpung kita masih diberi hidup, tidak ada salahnya mecoba sesuatu yang baik. Berjuang untuk memperoleh penghidupan yang lebih layak. Iya kan? Berarti sekarang sudah sepakat nih, untuk memulai menjadi pebisnis online pemula? Saya katakan, jangan minder kalau mau memulai usaha. Hampir seluruh pengusaha sukses itu berawal dari usaha yang kecil, bahkan mereka sempat diremehkan karena ada yang di drop-out juga dari kampusnya. Saya katakan hampir seluruh karena ada juga yang sukses karena dapat warisan perusahaan dari orang tuanya. Iya tidak?

Contoh orang terkenal yang sudah banyak diblog tetangga yaitu Mark Zuckerberg yang membuat situs Facebook. Bill Gates, yang punya Microsoft itu lho. Atau CEO Apple? Saya tidak kenal dan sekarang sedang lupa namanya, namun saya yakin Anda tahu namanya... Ya itulah. Mereka adalah beberapa orang sukses, kaya, terkenal, mendunia, dan mereka semua memulai usaha dan merintisnya dari bawah. Mereka berjuang dan bekerja keras hingga usaha dan bisnisnya menjadi sesukses seperti sekarang ini.

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online Untuk Pemula


Untuk menjadi pebisnis online pemula memang sukses. Tantangan terbesar ialah memulai. Banyak yang masih ragu disini. Entah ragu, apakah bisnis internet benar-benar dapat menghasilkan uang? Apakah bisa hanya dengan dirumah saja, maka Anda dapat memperoleh dollar? Kalau hal itu benar semua, lantas bagaimana cara memulai bisnis online itu? Ada pilihan apa saja dalam bidang internet marketing? Siapa yang membayar saya? Wah, semua pertanyaan itu pasti akan berkecamuk dalam pikiran. Yah, saya juga pernah mengalami hal tersebut...

Kembali lagi, semua itu memang butuh pengorbanan. Butuh proses. Tidak bisa langsung jadi. Tidak seperti membalikan telapak tangan. Sekarang bikin website, besok langsung dapet 5 juta per hari? Sekali lagi, semua butuh proses. Bagi Anda yang saat ini masih berstatus sebagai karyawan, jangan buru-buru untuk memutuskan resign dan keluar dari usaha Anda. Redam emosi Anda dan berpikirlah dengan kepala dingin. Jika Anda masih bekerja sebagai karyawan kantoran dan menerima gaji bulanan, itu bagus. Rintislah bisnis online Anda saat ini juga! Sisihkan sedikit dari uang gaji Anda untuk modal dan biaya operasional bisnis Anda.

Dari tabungan dana usaha tersebut, Anda dapat gunakan untuk membeli doman dan sewa hosting. Lalu? Terserah Anda, Anda mau bisa membuka toko online atau usaha online lainnya sesuai minat Anda. Setelah bisnis online Anda sudah benar-benar menghasilkan, barulah Anda meminta ijin untuk resign. Mintalah ijin dengan sopan, namun dengan dada tagap, karena ketika Anda sudah resmi keluar dari kantor, Anda sudah memiliki penghasilan sendiri dan tidak perlu bergantung lagi pada gaji bulanan yang biasa Anda terima.

Untuk sementara waktu itu, Anda boleh menjalankan bisnis online Anda sebagai pekerjaan sampingan. Namun pada akhirnya, sebaiknya Anda fokus untuk mengelola bisnis online Anda secara full-time. Tapi jangan terbalik ya, Anda boleh full-time jika bisnis Anda memang sudah terbukti menghasilkan uang. Jika belum, ya sebaiknya jangan full-time dulu. Apalagi terburu-buru keluar dari kantor. Kan begitu? Anda juga harus memiliki semangat untuk terus mau belajar. Belajar dari pengalaman sendiri, belajar pula dari pengalaman orang lain. Belajar dari kegagalan diri sendiri, belajar pula dari kegagalan orang lain.

Dalam memulai bisnis online, milikilah tujuan yang jelas. Anda dapat menjadikan impian Anda sebagai tujuan itu. Ada orang yang mengatakan milikilah impian yang realistis. Namun adapula yang mengatakan jangan batasi impianmu. Tidak usah memperdebatkan hal tersebut, yang terpenting Anda sebaiknya memiliki suatu tujuan yang jelas. Dan untuk mempermudah dalam mencapainya, Anda dapat memecahnya ke dalam tujuan-tujuan yang kecil yang harus dapat Anda capai dengan tenggat waktu tertentu. Dengan begitu selalu akan ada progress dari perjalanan bisnis online Anda.

Jangan Takut Gagal ...


Bagaimana jika Anda gagal? Gagal itu umum. Yang tidak umum ialah ketika Anda mampu bangkit dari kegagalan Anda. Mempelajari dengan benar kenapa Anda bisa gagal, lalu mencobanya lagi dan Anda dapat melangkah lebih jauh dari titik terakhir dimana Anda gagal, itulah yang akan mengantar Anda meraih kesuksesan. Sadarilah bahwa pada umumnya, saat bisnis sedang mulai dibangun, pasti akan ada banyak dana yang terkuras, akan ada banyak pula waktu yang hilang. Hal itu memang wajar, namun Anda juga harus memperhitungkan baik-baik untung-ruginya. Jangan terlalu berani mengambil resiko, namun juga jangan terlalu hati-hati.

Tidak ada aturan baku mengenai hal itu. Lalu dimana Anda dapat mempelajarinya? Semuanya itu dapat Anda kuasai jika jam terbang Anda sudah cukup. Pengalaman akan membuat feeling Anda tau kapan waktunya Anda menjual, atau kapan waktunya Anda menahan dulu, dan kapan waktunya untuk membeli. Jika diawal semua harus Anda kerjakan sendiri, maka ketika sudah ada penghasilan tetap yang Anda peroleh, jangan ragu untuk mengalokasikannya guna menyewa seorang partner kerja. Namun tetap berhati-hati dalam menyewa seorang jasa karyawan. Berikan harga sesuai dengan kualitas yang akan Anda peroleh.

Jaga konsistensi Anda. Jaga pula keseimbangan hidup Anda. Ketika seseorang sedang mengembangkan bisnis, maka biasanya seluruh hidupnya ditujukan untuk kemajuan bisnisnya. Hal itu memang baik, karena berarti Anda sungguh-sungguh ingin sukses dalam bisnis online yang Anda tekuni. Namun ingat juga untuk beristirahat, berolahraga, berdoa, dan bersedekah dari hasil bisnis Anda ini. Apapun hasil dari usaha dan perjuangan Anda, harus Anda terima dengan lapang dada. Tidak semua usaha akan berakhir dengan gagal, begitu juga tidak semua usaha tidak selalu berakhir dengan sukses. Tapi menurut saya lebih baik mencoba dari pada hanya menjadi penonton.

Demikian kiranya curhat dan cerita saya mengenai tips sukses bisnis online bagi pemula. Semoga artikel ini dapat menginspirasi Anda sekalian. Bagi Anda yang sudah merintis bisnis online mari ceritakan pengalaman dan suka duka Anda pada kolom komentar. Anda yang masih bekerja sebagai karyawan juga boleh memberikan tanggapan atas tulisan saya ini. Terimakasih.

5 Tips Sukses Memulai Bisnis Online Bagi Pemula. Terbukti! 5 Tips Sukses Memulai Bisnis Online Bagi Pemula. Terbukti! Reviewed by Unknown on Wednesday, February 18, 2015 Rating: 5
Powered by Blogger.