Cara Marketing : Memasarkan Produk Dengan Blog Bisnis Online




Tips Marketing Bisnis Online
Apakah Anda sudah memiliki toko online? Sudah buka toko online? Bagi Anda yang sudah memilikinya, akan sangat baik jika Anda melengkapi toko online Anda dengan blog. Blog tersebut dapat dibuat menyatu dengan toko online Anda, namun dapat juga dibuat dengan alamat terpisah dan tetap dihubungkan melalui link dari web toko online milik Anda. Yang harus Anda ketahui, bahwa peran blog untuk bisnis online, khususnya untuk marketing toko online Anda ialah sangat penting. Dengan blog, Anda dapat meningkatkan traffic atau jumlah kunjungan ke toko online Anda. Selain itu, dengan blog Anda juga dapat membangun awarness dan loyalitas yang akhirnya akan membantu meningkatkan dan mendongkrak omset penjualan toko online Anda.

Walaupun blog dapat sangat membantu Anda dalam memasarkan produk bisnis online Anda, namun banyak orang yang hingga saat inipun masih belum dapat memanfaatkan dengan baik kelebihan blog untuk kemajuan marketing online mereka. Bagi mereka yang sudah melangkapi online shop dengan blog, tak sedikit pula yang kemudian tidak mengurus blognya atau bahkan malah ditinggalkan. Sekarang terserah Anda, apakah akan memanfaatkan blog untuk memasarkan produk dagangan Anda guna meningkatkan bisnis online Anda, ataukah cukup dengan strategi yang Anda gunakan sekarang? Jika Anda tertarik menggunakan blog sebagai salah satu strategi marketing untuk memasarkan produk Anda, permasalahannya sekarang ialah bagaimana cara agar blog yang Anda miliki dapat melakukan fungis pemasaran dengan maksimal?

Nah, agar blog yang Anda buat dapat membantu strategi marketing dan pemasaran, serta dapat meningkatkan penjualan Anda, berikut saya akan berikan sedikit ulasan mengenai strategi blogging yang seharusnya Anda lakukan.


Ajak Untuk Membeli. Coba lihat kembali, apa tujuan Anda membuat blog? Ya benar, untuk membantu memasarkan produk Anda guna meningkatkan pendapatan. Namun yang ada sekarang ini, banyak orang menggunakan bantuan blog hanya untuk menjaring pengunjung atau sekedar untuk meningkatkan traffic. Hal tersebut tidaklah salah, namun tentu kurang mendukung tujuan semula. Jika tujuannya ialah untuk meningkatkan hasil penjualan Anda, ya jangan takut atau malu untuk memposting mengenai produk Anda sendiri. Nah, agar para pengunjung mau menerima ajakan Anda, itu juga membutuhkan teknik tersendiri. Yaitu teknik untuk mengemas ajakan dalam postingan Anda agar terkonversi menjadi sebuah penjualan. Bagaiman ulasan detailnya? Tunggua ya...

Posting Hal Terkait. Jika pada poin sebelumnya, Anda mengajak para pengunjung blog Anda untuk membeli atau memakai produk yang Anda miliki, sekarang coba untuk postingkan pula hal-hal yang berkaitan dengan produk Anda. Jadi misalkan toko online Anda menjual baju anak, coba tuliskan pula keunggulan baju anak yang Anda jual. Misalnya kainnya 100% cotton. Lalu tuliskan apa saja kelebihan bahan cotton, misalnya nyaman bagi kulit si kecil, meresap keringat sehingga cocok untuk anak-anak yang umumnya banyak bergerak dan berkeringat, dll. Biasanya orang akan menjadi tertarik jika online shop Anda didukung oleh artikel semacam ini. Jadi jangan melulu mengajak untuk membeli, tapi kombinasikan juga dengan artikel yang unik, atau informasi tambahan yang berhubungan dengan produk yang Anda jual.

Sebar Di Social Media. Seperti kita ketahui bersama, bahwa social media juga berperan untuk meningkatkan visibilitas bisnis Anda sekaligus meningkatkan penjualan Anda. Sudah banyak orang yang menggunakan social media sebagai sarana strategi marketing bisnis online mereka. Nah, jadi tidak ada salahnya jika Anda juga menggunakan social media untuk menyebarkan link postingan Anda. Misalnya Anda bisa sebar link postingan Anda di laman status Facebook, fans page Facebook, twitter, instagram, maupun melalui email. Anda dapat memilih postingan yang sesuai dengan tipe teman-teman Anda di masing-masing social media. Yang perlu diingat, berikan link postingan senatural mungkin, jangan melakukan spam ya...

Dorong Untuk Belanja. Jika pada poin yang pertama Anda sudah menggunakan strategi marketing yaitu dengan mengajak pengunjung berbelanja melalui postingan, kali ini gunakan semua elemen yang ada pada blog Anda untuk membantu meningkatkan penjualan Anda. Bagaimana caranya? Pasanglah banner pada elemen blog Anda. Misalnya, pada bagian atas atau header, Anda dapat memasang banner iklan mengenai produk Anda. Lalu di bagian samping, Anda pasang lagi banner iklan berupa tomnol order. Lalu di bagian bawah blog Anda dilengkapi dengan banner mengenai informasi kontak yang Anda miliki. Jadi intinya blog Anda juga diberi peran yang besar untuk berjualan. Jelas?

Cara Marketing Bisnis Online

Demikianlah ulasan cara memasarkan produk dengan blog bisnis online. Intinya ialah bahwa konten dan elemen dari blog dapat meningkatkan omset dan pendapatan Anda, dengan catatan Anda dapat mengaitkan seluruh komponen dalam blog tersebut dengan produk yang Anda pasarkan. Jika Anda masih ragu-ragu dan kurang percaya, silahkan Anda buktikan sendiri. Saya tunggu kabar baiknya! Salam Sukses!

Cara Marketing : Memasarkan Produk Dengan Blog Bisnis Online Cara Marketing : Memasarkan Produk Dengan Blog Bisnis Online Reviewed by Megah Indra on Monday, November 03, 2014 Rating: 5

3 comments:

  1. Sangat terinspirasi dengan tulisan anda pak,saya hanya mau memasarkan toko yg baru saya buka namanya: sahabat jaya tehnik surabaya ,sangat murah harganya pak hehe just share makasi semoga suka berbelanja ditoko kami dan semoga sukses buat anda pak yang berbelanja di toko kami

    ReplyDelete
  2. No telp pak Ari:08123130217,pin:5B40B90F

    ReplyDelete
  3. terima kasih atas infonya gan.. IZin share ya gan

    ReplyDelete

Powered by Blogger.