Definisi SEO, Mengapa SEO Penting Dalam Bisnis Online




Definisi SEO Arti Penting SEO dalam Bisnis Online

Beberapa waktu yang lalu saya telah menjelaskan cara membuat blog atau web gratis diblogspot. Namun menurut saya, memiliki blog saja belum cukup untuk dapat menjadi pebisnis online yang sukses. Jika anda sadari, saat ini baik bisnis dalam skala kecil maupun besar berlomba menunjukkan keberadaan mereka melalui website. Hal tersebut membuat persaingan bisnis di internet menjadi sangat panas. Menyikapi persaingan tersebut, kehadiran search engine dianggap menjadi salah satu solusi agar website dapat ditemukan dengan mudah. Namun lagi-lagi muncul permasalah baru, yaitu ketika pengunjung mengetikkan keyword tertentu disearch engine, akan muncul puluhan ribu, ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta listing hasil pencarian. Dan para pembaca cenderung memprioritaskan apa yang pertama kali dia lihat dihalaman pertama hasil pencariannya. Inilah yang kemudian memicu persaingan untuk mendapatkan peringkat dihalaman pertama search engine.

Bagi bisnis skala besar, menggunakan layanan PPC (Paid Per Click) bisa menjadi alternatif untuk mendatangkan traffic. Namun bagi bisnis kecil, mengeluarkan modal untuk biaya PPC tentunya menjadi hal yang berat. Oleh karena itu, kemudian ditempuh cara lain yaitu dengan mengoptimalkan struktur web dimata search engine, agar hasil pencarian dapat ditampilkan dihalaman pertama. Inilah yang kemudian disebut sebagai SEO.

Arti penting SEO bagi Bisnis Online
SEO (Search Engine Optimization) merupakan proses untuk meningkatkan traffik melalui search engine (google, yahoo, bing, MSN, dsb) ke suatu situs web dengan mengikuti kaidah dan algoritma mesin pencari. Harapannya, jika suatu web di-SEO-kan, web tersebut berada di posisi teratas hasil pencarian sehingga berpeluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung. Kalau saya lebih suka mengatakan SEO itu ibaratnya melakukan PDKT pada search engine. PDKT agar web yang kita miliki mendapatkan perhatian khusus dari search engine.

Hal di atas merupakan latar belakang dicetuskannya SEO. Latar belakang kenapa SEO penting bagi web/blog, terutama dalam menggeluti bisnis online. Ada banyak hal positif dari website yang telah memiliki SEO yang baik, diantaranya sebagai berikut.

1. Website yang memiliki SEO yang baik akan memiliki peringkat(ranking) yang baik di search engine. Dengan peringkat yang baik, berarti kemungkinan traffic yang datang dari search engine sangat besar. Traffic pengunjung yang tinggi merupakan sinyal yang positif. Sambut dan jadikan mereka pengunjung setia blog anda.

2. SEO dapat membantu meningkatkan kemampuan pengunjung potensial untuk mengingat suatu perusahaan, produk atau web dalam kategori tertentu (brand awareness). Brand awareness dapat menjadi tolok ukur eksistensi perusahaan, produk, atau web anda di mata publik. Lambat laun hal ini akan menjadi selling point yang tepat guna meningkatkan jumlah penjualan dan daya jual produk atau jasa yang anda ditawarkan

3. SEO memungkinkan web anda memiliki visibilitas dan otoritas di search engine serta dunia internet dalam jangka yang relatif panjang, tentunya apabila didukung oleh praktek SEO yang baik dan sehat (whitehat). Sebaiknya anda menghindari cara-cara SEO yang buruk seperti spamming, keyword stuffing, cloaking, membuat doorway pages, dan praktek-praktek blackhat SEO lainnya. SEO dianggap lebih baik dari PPC-nya Google Adwords, karena jika budget anda habis atau tidak ditambah, maka traffic web dari iklan berhenti.

4. SEO yang dilakukan dengan baik dan efisien akan memberikan hasil investasi yang jauh lebih besar dibanding jalur advertising lainnya. SEO hampir tidak membutuhkan biaya apapun kecuali jika anda menggunakan jasa ahli SEO. Jika anda ingin menggunakan jasa ahli SEO, pastikan jasa SEO yang anda gunakan mengerti betul tentang SEO dan tidak melakukan praktek blackhat karena dapat merugikan web dan bisnis anda.

Sekarang dapat dilihat bahwa SEO memiliki peran vital dan penting dalam dunia bisnis online dan mampu memberikan pengaruh signifikan pada usaha pengembangan bisnis secara online. Melakukan SEO tidak bisa instant, lakukan SEO secara bertahap dan berkelanjutan. Ikuti terus tips-tips seo terbaru dan perkembangan dari search engine. Mari mengenal SEO lebih jauh lagi!


Definisi SEO, Mengapa SEO Penting Dalam Bisnis Online Definisi SEO, Mengapa SEO Penting Dalam Bisnis Online Reviewed by Unknown on Wednesday, January 16, 2013 Rating: 5
Powered by Blogger.